PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PERANGKAT DESA “HASIL SOTK TAHUN 2016” DESA SUMURKIDANG

       Jum’at, 30 Desember 2016, telah dilaksanakan kegiatan di pendopo balai Desa Sumurkidang dengan agenda, “PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PERANGKAT DESA SUMURKIDANG”, acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan proses pembacaan keputusan Kepala Desa oleh ketua BPD Sumurkidang kegiatan pelantikan seluruh perangkat desa beserta seluruh komponennya.

20161230_093036

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut ialah:

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa kemudian Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor : 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Keputusan Desa Sumurkidang Nomor : 141/16/Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang.

Acara yang dihadiri oleh beberapa unsur dan elemen masyarakat tersebut berjalan dengan cukup lancar, kemudian acara dilanjutkan dengan menyayikan lagu Bagimu Negeri secara bersama-sama dengan penuh rasa syukur. Acara berikutnya sambutan oleh Bapak Khambali selaku Kepala Desa Sumurkidang serta sambutan dari tim kecamatan yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan.

Daftar peserta kegiatan pelantikan:

  • Camat Bantarbolang yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan
  • Kepala desa sumurkidang
  • BPD
  • LPMD
  • RW dan RT
  • Ketua tim penggerak PKK
  • Tokoh masyarakat
  • Serta seluruh elemen masyarakat

20161230_092529

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa terdapat beberapa perbedaan dengan SOTK Pemerintah Desa terdahulu sebagai berikut:

PEMERINTAH DESA (Pasal 2)

Dalam Pasal 2 ayat (1) menyatakan bahwa Pemerintah Desa adalah Kepala Desa dibantu oleh Perangkat Desa, kemudian dijabarkan dalam Pasal 2 ayat (2) bahwa Perangkat Desa terdiri atas; Sekretariat Desa, Pelaksana Kewilayahan, dan Pelaksana Teknis.

SEKRETARIAT DESA (Pasal 3)

Sekretariat Desa dipimpin oleh Sekretaris Desa dan dibantu oleh unsur staf sekretariat. Sekretariat Desa paling banyak terdiri atas 3 (tiga) urusan yaitu urusan tata usaha dan umum, urusan keuangan, dan urusan perencanaan, dan paling sedikit 2 (dua) urusan yaitu urusan umum dan perencanaan, dan urusan keuangan. Masing-masing urusan dipimpin oleh Kepala Urusan (Kaur).

PELAKSANA KEWILAYAHAN (Pasal 4)

Pelaksana Kewilayahan merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai satuan tugas kewilayahan. Jumlah unsur Pelaksana kewilayahan ditentukan secara proporsional antara pelaksana kewilayahan yang dibutuhkan dengan kemampuan keuangan desa serta memperhatikan luas wilayah kerja, karakteristik, geografis, jumlah kepadatan penduduk, serta sarana prasarana penunjang tugas. Pelaksana Kewilayahan dilaksanakan oleh Kepala Dusun atau sebutan lain.

PELAKSANA TEKNIS (Pasal 5)

Pelaksana Teknis merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional. Pelaksana Teknis paling banyak terdiri atas 3 (tiga) seksi yaitu seksi pemerintahan, seksi kesejahteraan dan seksi pelayanan, paling sedikit 2 (dua) seksi yaitu seksi pemerintahan, serta seksi kesejahteraan dan pelayanan. Masing-masing seksi dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi).

SOTK Desa Sumurkidang yang telah dilantik sebagai berikut:

No Nama Jabatan Baru Alamat
1 Maesaroh Sekretaris Desa (SEKDES) RT. 010 / RW. 03
2 Faoji Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum RT. 019 / RW. 07
3 Muhammad Syafi’i Kepala Urusan Perencanaan RT. 010 / RW. 03
4 Hasim Kepala Seksi Pemerintahan RT. 019 / RW. 07
5 Masbiroh Kepala Seksi Kesejahteraan RT. 018 / RW. 07
6 Samhuji Kepala Seksi Pelayanan RT. 018 / RW. 07
7 Sriningsih Kepala Dusun III RT. 012 / RW. 04
8 Sukirno Kepala Dusun IV RT. 015 / RW. 05
9 Umi Khasanah Kepala Dusun V RT. 017 / RW. 06
10 Tayib Staf Kasi Pemerintahan RT. 007 / RW. 02

Sumber: berita acara pengambilan sumpah jabatan.

Acara tersebut kemudian diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Ust. H. Saefudin Zuhri, S.H. Kemudian pada puncak acara dilakukan dengan prosesi pemotongan tumpeng dan dilanjutkan pemberian ucapan selamat dari seluruh tamu undangan serta sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian acara tersebut. Semoga amanah tersebut dapat dijalankan dengan sebaik mungkin sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, dan diharapkan pelayanan Desa terhadap masyarakat akan terus meningkat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *